Logo

Pembekalan Tiga Hari, 300 Siswa di Kabupaten Malang Jadi Lulusan Siap Kerja

Disnaker, Pemkab Malang- Sejak tiga hari, sedikitnya 300 siswa SMK yang berasal dari 34 sekolah di Kabupaten Malang mengikuti kegiatan pelatihan kerja yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang. Kegiatan bertajuk “Pelatihan Kerja Bagi Angkatan Kerja” ini digelar sejak Senin (22/4) hingga Rabu (24/4).
Para siswa tersebut diberikan beragam materi oleh para narasumber yang kompeten di bidangnya. Misalnya saja materi mengenai kiat-kiat di dunia kerja dan dunia usaha yang disampaikan oleh perwakilan dari Apindo. Kemudian, materi perbankan yang disampaikan oleh Bank Jatim. Selanjutnya, materi mengenai kewirausahaan yang diberikan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang. Kemudian, materi mengenai keanti narkobaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) serta pembekalan mengenai pemasaran yang diberikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Tidak ketinggalan materi mengenai wawasan kebangsaan dan pelatihan kedisiplinan dari Brigif Para Raider 18 Jabung.
Dalam sambutannya, Kabid Pelatihan dan Produktivitas (Lattas) Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Moch Yekti Pracoyo menjelaskan, kegiatan yang digelar selama tiga hari itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas para lulusan SMK. Dampaknya, mereka menjadi lebih siap dalam memasuki dunia kerja.
“Maka dari itu kami menggandeng pihak perusahaan untuk juga memberikan materi, agar para siswa memahami kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan standarisasi perusahaan. Kendala yang dihadapi adalah, para pencari kerja masih belum sesuai dengan kriteria dunia kerja dan industry,” kata Yekti yang juga membawakan sambutan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Malang, Drs Yoyok Wardoyo, di Bess Resort and Convention, Rabu (24/4).
Yekti menambahkan, tidak hanya memberikan pelatihan bagi para pencari kerja agar siap diserap di dunia kerja, namun Disnaker yang dalam hal ini meggandeng Apindo juga sudah melakukan kerjasama dengan asosiasi perusahaan itu. Bentuk kerjasama yang dituangkan dalam kesepakatan itu berisi soal komitmen Apindo untuk menyerap para siswa sebagai tenaga magang.
Sementara itu, Kasiter Brigif Para Raider 18, Mayor (Inf) Puguh Prasetyo berpesan agar para siswa menerapkan pembekalan yang didapatkan selama kegiatan. Selain itu, agar mulai saat ini, siswa memiliki planning untuk masa depan.
“Pulang dari sini langsung tentukan ingin jadi apa. Jika ada yang ingin mendaftar ke TNI/Polri, siapkan sejak sekarang. Semua kesempatan yang ada, ambil saja. Ingat, hidup itu berjalan ke depan bukan mundur  ke belakang,” pesannya.
Sementara itu, kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari siswa dan sekolah yang menjadi peserta. Salah satunya disampaikan oleh pendamping siswa dari SMKN 2 Singosari, Sri Nur Syamsiyah SPd MPd. Dia menjelaskan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Pasalnya mereka mendapatkan banyak pengetahuan mengenai dunia kerja dan dunia usaha yang sebelumnya tidak pernah didapatkan di sekolah.
“Misalnya seperti materi mengenai perbankan dan soal dunia usaha itu kan jarang diberikan di sekolah. Nah di kegiatan semacam ini mereka mendapatkannya,” kata guru Bimbingan Konseling ini memberikan apresiasi positif.
Salah satu siswa, Cholifatul Rodiah dari SMKN 1 Pujon mengaku mendapatkan banyak manfaat dari kegiatan yang digelar oleh Disnaker dan bekerja sama dengan Apindo, Bank Jatim dan Brigif Para Raider itu. Salah satunya adalah soal kedisiplinan.
“Selama kegiatan kami diajari untuk disiplin waktu. Dulu sebelum kegiatan ini mungkin saya kurang planning waktu. Tapi sekarang sudah bisa,” tegasnya. (tik)

Berita
Bukan Hanya Bicara, Disnaker Buktikan Komitmen Soal Difabel

Bukan Hanya Bicara, Disnaker Buktikan Komitmen Soal Difabel Disnaker, Pemkab Malang- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang tahun ini tengah fokus untuk meningkatkan kesejahteraan bagi penyandang cacat atau difabel. Salah ...

Berita
Pegawai Disnaker dan Bappeda Pemkab Malang Perjuangkan Nasib Difabel

Pegawai Disnaker dan Bappeda Pemkab Malang Perjuangkan Nasib Difabel Disnaker, Pemkab Malang – Langkah pegawai Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemkab Malang dalam memperj ...

Berita
SOSIALISASI PENCEGAHAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) ILEGAL DI WILAYAH KABUPATEN MALANG

Cegah Pengiriman PMI Ilegal, Wabup Malang Pun Gaungkan Yel-yel Disnaker, Pemkab Malang- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang konsisten untuk mencegah pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal. Salah satu ...