Logo

Jelang May Day, Disnaker Lakukan Pendekatan Intensif Kepada Perusahaan dan Buruh

Disnaker, Pemkab Malang- Perayaan May Day di Kabupaten Malang dipastikan berlangsung secara kondusif. Hal ini karena, sebelum pelaksanaan May Day yang berlangsung besok, pihak Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang sudah melakukan berbagai macam upaya koordinasi.
Sekretaris Disnaker, Eko Darmawan SE menjelaskan, mereka sudah beberapa kali menggelar rapat koordinasi dengan beragam pihak. Rapat koordinasi ini digelar secara intensif dengan melibatkan kepolisian, perwakilan serikat buruh, dan asosiasi perusahaan.
“Kami sudah intensif melakukan rapat  koordinasi secara intensif. Misalnya saja dengan kepolisian, serikat buruh dan perusahaan. Bahkan, juga pernah melibatkan perwakilan dari Polri,” kata Eko, Selasa (30/4) disela-sela rapat koordinasi dan wawancara dengan awak media, di ruang bidang hubungan industrial.
Eko menjelaskan, saat ini para kepala seksi dan staf di bidang hubungan industrial tengan turun ke lapangan. Mereka membagikan buket bunga segar. Maksudnya, sebagai bentuk apresiasi kepada para pekerja atas Hari Buruh yang akan diperingati besok.
Langkah ini dianggap efektif untuk meningkatkan komunikasi dan silaturahmi dan hubungan yang harmonis antara pemerintah dengan buruh. Tidak hanya itu, sebelumnya, Disnaker juga sudah melakukan pendekatan intensif kepada perusahaan dan buruh. tujuannya, untuk menciptakan hubungan industrial yang harmonis. Baik antara buruh dengan pemerintah daerah. Atau pemerintah daerah dengan perusahaan.
“Kami terus menjalin silaturahmi dengan buruh dan perusahaan. dengan begini suasana industrial di Kabupaten Malang menjadi lebih dingin. Bapak Kepala Dinas (Drs Yoyok Wardoyo MM) juga kerap mengadakan pertemuan ringan dan santai dengan mereka,” beber laki-laki yang pernah menjadi Kepala Bagian Umum Pemerintah Kabupaten Malang itu.
Jelang May Day atau Hari Buruh yang akan jatuh pada hari Rabu (1/5), Eko menjelaskan kegiatan ini akan dipusatkan di Balaikota Malang. Sampai hari ini, belum ada konfirmasi terkait adanya aksi May Day di wilayah Kabupaten Malang.
"Evaluasi May Day, kami melihat ada pergeseran. Tema May Day tahun ini adalah We Grow Together. Artinya bersama-sama antara perusahaan, buruh dan pemerintah daerah. Era industrialasi 4.0 ini buruh menyadari aspirasi tak hanya dari demo. Kami buka ruang-ruang diskusi," bebernya.
Sementara itu, perwakilan dari Polsek Kepanjen, AKP Yizrieli Ghena Pondan menjelaskan, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin agar jalannya May Day besok di Kepanjen berjalan dengan lancar.
“Mungkin akan kami ajak doa bersama agar aksinya lebih tertib dan ada manfaat,” tegas dia.

Berita
Luar Biasa, Para Peserta Pelatihan Tuangkan Kegiatan dalam Buku

Disnaker, Pemkab Malang - Selama satu bulan penuh sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan Bahasa Inggris yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang. Pelatihan ini digelar oleh Bidang Pelatihan dan Produktivitas bekerja ...

Berita
Padat Karya Infrastruktur Disnaker, Berdayakan Masyarakat dan Tingkatkan Ekonomi

Pemkab Malang, Disnaker- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang melibatkan 88 orang pekerja untuk melakukan program Padat Karya Infrastruktur di Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang. Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja (Penta), Rahma ...

Berita
Pembekalan Tiga Hari, 300 Siswa di Kabupaten Malang Jadi Lulusan Siap Kerja

Disnaker, Pemkab Malang- Sejak tiga hari, sedikitnya 300 siswa SMK yang berasal dari 34 sekolah di Kabupaten Malang mengikuti kegiatan pelatihan kerja yang digelar oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang. Kegiatan bertajuk &l ...