Logo

Jaring Minat Transmigrasi Purna TNI, Disnaker Gelar Sosialiasi

Disnaker, Pemkab Malang- Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang gencar melakukan sosialisasi untuk meningkatkan animo transmigran di wilayah Kabupaten Malang. Tidak terkecuali menjaring minat dari kalangan purna TNI.
Seperti yang dilakukan oleh Kepala Bidang Transmigrasi, Dra Wahyuning Sri di Aula Skodam V Brawijaya, Malang pada Kamis (25/7) lalu. Di hadapan sekitar 150 perserta kegiatan Sosialisasi Pendataan Calon Peserta Transmigrasi Personel Angkatan Darat T.A 2019, Wahyuning menyosialisasikan mengenai kesempatan bertransmigrasi bagi purna tugas TNI, di hadapan pejabat personel jajaran Kodam V Brawijaya.
Perempuan yang akrab disapa Wahyu ini menjelaskan, purna TNI juga memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi seorang transmigran. Hanya saja bedanya, lanjut Wahyuning, untuk masyarakat umum usia maksimal mengikuti program dari pemerintah ini adalah 55 tahun. Sementara untuk masyarakat umum adalah 50 tahun.
“TNI purna kan usia 53 tahun, jadi ada selisih dua tahun bagi calon transmigran dari kalangan anggota untuk mempersiapkan diri,” kata Wahyu.
Wahyu menjelaskan, selain usia maksimal, syarat lainnya tidak ada perbedaan dengan masyarakat umum. Yakni harus sudah menikah dan memiliki keluarga. Jika berstatus duda, harus didampingi oleh anak perempuan usia dewasa.
Selain itu, hak yang didapatkan pun sama. Yakni rumah dan pekarangan dengan luas 0,5 hektar. Kemudian, lahan usaha 1 dan 2 yang masing-masing memiliki luas 0,5 hektar dan 1 hektar. Sehingga total luasan lahan yang diberikan oleh pemerintah adalah dua hektar.
“Juga diberikan jaminan hidup selama 18 bulan oleh pemerintah,” imbuhnya.
Wahyu sampaikan, usai diminta menjadi narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut, animo yang ditunjukkan oleh para anggota TNI cukup tinggi. Sudah ada calon transmigrai yang mendaftar. Tahun ini, Kabupaten Malang mendapatkan kuota lima keluarga ke SP 10, Tanjung Buka, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.
“Sudah ada yang mendaftar, animonya bagus,” tegasnya. (tik)

Berita
Melihat Lebih Dekat Pelatihan Batik dari Disnaker Bagi Penyandang Disabilitas

Disnaker, Pemkab Malang- Sudah tiga hari, puluhan orang mengikuti pelatihan membatik. Pelatihan ini digelar oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang yang bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Ganesa ...

Berita
Optimalkan Potensi Singkong, Disnaker Beri Pelatihan Pembuatan Mokaf

Disnaker, Pemkab Malang - Selama ini, singkong dianggap sebagai makanan sederhana. Namun, nilai ekonomis dari singkong saat ini tengah ditingkatkan. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Malang mencoba untuk meningkatka ...

Berita
Bukan Virus yang di Bersihkan

1, 2, 3. Staf Bagian Pengelola Data Elektronik membersihkan drainase dan meratakan trotoar tanah; 4. Setelah bekerja keras istirahat sejenak dan be ...